Rabu, 03 Oktober 2012

Sekilas Bahasa Dalam Ekonomi Global

Peranan Bahasa Indonesia Dalam Sektor Ekonomi Global



BAB 1
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

     Seperti yang kita ketahui, kita berada pada masa millenium, perhitungan masehi,yang banyak memiliki perubahan dari segi berbahasa atau yang lainnya.Peranan bahasa indonesiapun sangat di butuhkan dari segi sektor-sektor lainnya,seperti dalam sektor ekonomi global ini.akibat perkembangan zaman saat ini peranan berbahasa dalam ekonomi global memiliki perubahan,yang membuat munculnya bahasa-bahasa asing.
B. KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM SEKTOR EKONOMI GLOBAL
      Seperti yang tercantum pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda yang berbunyi Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan , bahasa Indonesia. karna hal ini, berarti bahasa indonesia memiliki kedudukan sebagai bahasa nasional.
     Perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi,karena Di dalam era globalisasi ini, bahasa Indonesia mau tidak mau harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi Konsep-konsep dan istilah baru di dalam pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) secara tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia.
 Didalam kedudukannya sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai
 (1) bahasa resmi kenegaraan ,
 (2) bahasa pengantar didalm dunia pendidikan,
 (3) alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan              pembangunan, dan
 (4) alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.
    Dalam sektor ekonomi berbahasa sangat diperlukan, karena dalam perekonomian terjadi interaksi antar orang,kelompok,atau negara sekalipun.yang menjadikan proses transaksi berjalan dengan lancar.namun bahasa dalam ekonomi global menyulitkan kita dalam menanggapi hal yang ingin di bicarakan antar individu,bedahalnya jika individu tersebut memang sudah memahami,dan mencoba mempelajari dari awal.
Berbahasa dalam ekonomi global saat ini memiliki banyak perubahan, dengan banyaknya faktor
1. Dari negara lain
faktor dari negara lain mengakibatkan banyak orang yang mengikuti bahasa trendy negara asing, dimana bahasa itu menjadikan manusia merasa menjadi lebih maju dalam penggunaan bahasanya(menjadi lebih gaul).
2. IPTEK yang semakin maju.
 dimana faktor ini cenderung kepada teknologi yang semakin maju saat ini. penggunaan teknologi saat ini banyak yang memprogram bahasa menjadi bahasa asing, sehingga membuat manusia secara tidak langsung mempelajari bahasa tersebut karena keingin tahuannya.
      Dengan demikian, semua produk budaya akan tumbuh dan berkembang pula sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu, termasuk bahasa Indonesia, yang dalam nya, sekaligus berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan iptek itu.
     Tanpa adanya bahasa indonesia dalam sektor ekonomi,manusia sulit untuk bertransaksi atau berkomunikasi satu sama lain untuk mencapai kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar