Hukum jual beli diindonesia
Negara
kita banyak sekali kepulauan dan kebudayaan. Tidak heran jika kita memiliki
keanekaragaman adat yang menjadikan negara kita subur dan makmur.
sejak dahulu negara kita sudah terbiasa dengan adanya perbedan dari keyakinan,adat,budaya dsb.
sejak dahulu negara kita sudah terbiasa dengan adanya perbedan dari keyakinan,adat,budaya dsb.
Untunglah
saat ini penduduk indonesia mayoritas
kebanyakan menganut agama islam, yang telah di sebarkan oleh Nabi kita
Muhammad Saw. Seperti yang kita ketahui beliau menyebarkan agama islam dengan
banyak cobaan dan rintangan.karena ia tidak ingin melihat kaumnya tersesat
dalam meyakini tuhannya.
Karena
mayoritas penduduk diindonesia menganut agama islam beserta ajaran-ajarannya
maka,dalam kepemerintahan pun meneladani ajaran islam yang di haruskan.
Hukum
di Indonesia merupakan
campuran dari sistem hukum Eropa, hukum agama, dan hukum adat. Sebagian besar
sistem yang dianut, baik perdata maupun pidana berbasis pada hukum Eropa,
khususnya dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia yang merupakan
wilayah jajahan dengan sebutan Hindia-Belanda (Nederlandsch-Indie).
Hukum agama karena sebagian besar masyarakat Indonesia menganut Islam, maka
dominasi hukum atau syariat Islam lebih banyak terutama di bidang perkawinan,
kekeluargaan, dan warisan. Selain itu, di Indonesia juga berlaku sistem hukum
adat yang diserap dalam perundang-undangan atau yurisprudensi, yang merupakan penerusan dari
aturan-aturan setempat dari masyarakat dan budaya-budaya yang ada di wilayah
nusantara.
Hukum Islam di Indonesia belum bisa ditegakkan secara menyeluruh, karena belum adanya
dukungan yang penuh dari segenap lapisan masyarakat secara demokratis baik
melalui pemilu atau referendum maupun amandemen terhadap UUD 1945 secara tegas dan konsisten. Aceh merupakan
satu-satunya provinsi yang banyak menerapkan hukum Islam melalui Pengadilan
Agama, sesuai pasal 15 ayat 2 Undang-Undang RI No. 4 Tahun 2004 Tentang Kekuasaan
Kehakiman yaitu : Peradilan
Syariah Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darrussalam merupakan pengadilan khusus dalam lingkungan peradilan agama
sepanjang kewenangannya menyangkut kewenangan peradilan agama, dan merupakan
pengadilan khusus dalam lingkungan peradilan umum sepanjang kewenangannya
menyangkut kewenangan peradilan umum.
Jual
Beli Dalam Islam
a.
Pengertian Jual Beli
Secara etimologis, jual beli berarti menukar harta dengan harta. Sedangkan, secara terminologi, jual beli memiliki arti penukaran selain dengan fasilitas dan kenikmatan.
Secara etimologis, jual beli berarti menukar harta dengan harta. Sedangkan, secara terminologi, jual beli memiliki arti penukaran selain dengan fasilitas dan kenikmatan.
Menjual adalah memindahkan hak milik kepada orang lain dengan harga, sedangkan membeli yaitu menerimanya.
Berdasarkan pendapat di atas dapat penulis simpulkan bahwa jual beli adalah suatu akad yang dilakukan oleh pihak penjual dan pembeli.
b. Dasar Hukum
Jual beli disyariatkan di dalam Alquran, sunnah, ijma, dan dalil akal. Allah SWT berfirman: “Dan Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”
c. Klasifikasi Jual Beli
Jual beli dibedakan dalam banyak pembagian berdasarkan sudut pandang. Adapun pengklasifikasian jual beli adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan Objeknya
Jual beli berdasarkan objek dagangnya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
·
Jual beli umum, yaitu
menukar uang dengan barang.
·
Jual beli as-Sharf
(Money Changer), yaitu penukaran uang dengan uang.
Jual
beli muqayadhah (barter), yaitu menukar barang dengan barang.
2.
Berdasarkan Standardisasi Harga
a)
Jual Beli Bargainal (tawar menawar), yaitu jual beli di
mana penjual tidak memberitahukan modal barang yang dijualnya.
b)
Jual Beli Amanah, yaitu jual beli di mana penjual memberitahukan modal barang
yang dijualnya. Dengan dasar ini, jual beli ini terbagi menjadi tiga jenis:
1.
Jual beli murabahah,
yaitu jual beli dengan modal dan keuntungan yang
diketahui.
2.
Jual beli wadhi’ah,
yaitu jual beli dengan harga di bawah modal dan kerugian yang diketahui.
3.
Jual beli tauliyah,
yaitu jual beli dengan menjual barang sama dengan harga modal, tanpa keuntungan
atau kerugian.
d.
Cara Pembayaran
Ditinjau dari cara pembayaran, jual beli dibedakan menjadi empat macam:
1.
Jual beli dengan
penyerahan barang dan pembayaran secara langsung (jual beli kontan).
2.
Jual beli dengan
pembayaran tertunda (jual beli nasi’ah).
3.
Jual beli dengan
penyerahan barang tertunda.
4.
Jual beli dengan
penyerahan barang dan pembayaran sama-sama tertunda.
e. Syarat Sah Jual Beli
Agar jual beli dapat dilaksanakan secara sah dan memberi pengaruh yang tepat, harus dipenuhi beberapa syaratnya terlebih dahulu. Syarat-syarat ini terbagi dalam dua jenis, yaitu syarat yang berkaitan dengan pihak penjual dan pembeli, dan syarat yang berkaitan dengan objek yang diperjualbelikan.
Pertama, yang berkaitan dengan pihak-pihak pelaku, harus memiliki kompetensi untuk melakukan aktivitas ini, yakni dengan kondisi yang sudah akil baligh serta berkemampuan memilih. Dengan demikian, tidak sah jual beli yang dilakukan oleh anak kecil yang belum nalar, orang gila atau orang yang dipaksa.
Kedua, yang berkaitan dengan objek jual belinya, yaitu sebagai berikut:
·
Objek jual beli harus
suci, bermanfaat, bisa diserahterimakan, dan merupakan milik penuh salah satu
pihak.
·
Mengetahui objek yang
diperjualbelikan dan juga pembayarannya, agar tidak terhindar faktor
‘ketidaktahuan’ atau ‘menjual kucing dalam karung’ karena hal tersebut
dilarang.
·
Tidak memberikan
batasan waktu. Artinya, tidak sah menjual barang untuk jangka waktu tertentu
yang diketahui atau tidak diketahui.
f. Sebab-sebab dilarangnya jual beli
Larangan jual beli disebabkan karena dua alasan, yaitu:
1. Berkaitan dengan objek
2. Tidak terpenuhniya syarat perjanjian, seperti menjual yang tidak ada, menjual anak binatang yang masih dalam tulang sulbi pejantan (malaqih) atau yang masih dalam tulang dada induknya (madhamin).
3. Tidak terpenuhinya syarat nilai dan fungsi dari objek jual beli, seperti menjual barang najis, haram dan sebagainya.
4. Tidak terpenuhinya syarat kepemilikan objek jual beli oleh si penjual, seperti jual beli fudhuly.
g. Berkaitan dengan komitmen terhadap akad jual beli
1. Jual beli yang mengandung riba
2. Jual beli yang mengandung kecurangan.
Ada juga larangan yang berkaitan dengan hal-hal lain di luar kedua hal di atas seperti adanya penyulitan dan sikap merugikan, seperti orang yang menjual barang yang masih dalam proses transaksi temannya, menjual senjata saat terjadinya konflik sesama mulim, monopoli dan sejenisnya. Juga larangan karena adanya pelanggaran syariat seperti berjualan pada saat dikumandangkan adzan shalat Jum’at.
h.
Jual Beli yang Bermasalah
1. Jual Beli yang Diharamkan
1. Jual Beli yang Diharamkan
a) Menjual tanggungan dengan tanggungan
Telah diriwayatkan larangan menjual tanggungan dengan tanggungan sebagaimana tersebut dalam hadits Nabi dari Ibnu ’Umar Ra. Yaitu menjual harga yang ditangguhkan dengan pembayaran yang ditangguhkan juga. Misalnya, menggugurkan apa yang ada pada tanggungan orang yang berhutang dengan jaminan nilai tertentu yang pengambilannya ditangguhkan dari waktu pengguguran. Ini adalah bentuk riba yang paling jelas dan paling jelek sekali.
b)
Jual beli disertai syarat
Jual beli disertai syarat tidak diijinkan dalam hukum Islam. Malikiyah menganggap syarat ini sebagai syarat yang bertentangan dengan konsekuensi jual beli seperti agar pembeli tidak menjualnya kembali atau menggunakannya.
Jual beli disertai syarat tidak diijinkan dalam hukum Islam. Malikiyah menganggap syarat ini sebagai syarat yang bertentangan dengan konsekuensi jual beli seperti agar pembeli tidak menjualnya kembali atau menggunakannya.
Hambaliyah memahami syarat sebagai yang bertentangan dengan akad, seperti adanya bentuk usaha lain, seperti jual beli lain atau peminjaman, dan persyaratan yang membuat jual beli menjadi bergantung, seperti ”Saya jual ini kepadamu, kalau si Fulan ridha.”
Sedangkan Hanafiyah memahaminya sebagai syarat yang tidak termasuk dalam konsekuensi perjanjian jual beli, dan tidak relevan dengan perjanjian tersebut tapi bermanfaat bagi salah satu pihak.
c) Dua perjanjian dalam satu transaksi jual beli
Tidak dibolehkan melakukan dua perjanjian dalam satu transaksi, namun terdapat perbedaan dalam aplikasinya sebagai berikut:
1.
Jual beli dengan dua
harga; harga kontan dan harga kredit yang lebih mahal. Mayoritas ulama sepakat
memperbolehkannya dengan ketentuan, sebelum berpisah, pembeli telah menetapkan
pilihannya apakah kontan atau kredit.
2.
Jual beli ’Inah, yaitu
menjual sesuatu dengan pembayaran tertunda, lalu si penjual membelinya kembali
dengan pembayaran kontan yang lebih murah.
3.
Menjual barang yang
masih dalam proses transaksi dengan orang atau menawar barang yang masih
ditawar orang lain. Mayoritas ulama fiqih mengharamkan jual beli ini. Hal ini
didasarkan pada larangan dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim, ”Janganlah
seseorang melakukan transaksi penjualan dalam transaksi orang lain.
4.
Menjual anjing. Dalam
hadits Ibnu Mas’ud, Rasulullah telah melarang mengambil untung dari menjual
anjing, melacur dan menjadi dukun (HR. Bukhari).
2.
Jual Beli yang Diperdebatkan
·
Jual beli ’Inah. Yaitu
jual beli manipulatif agar pinjaman uang dibayar dengan lebih banyak (riba).
·
Jual beli Wafa. Yakni
jual beli dengan syarat pengembalian barang dan pembayaran, ketika si penjual
mengembalikan uang bayaran dan si pembeli mengembalikan barang.
·
Jual beli dengan uang
muka. Yaitu dengan membayarkan sejumlah uang muka (urbun) kepada penjual dengan
perjanjian bila ia jadi membelinya, uang itu dimasukkan ke dalam harganya.
·
Jual beli Istijrar. Yaitu mengambil kebutuhan dari penjual secara
bertahap, selang beberapa waktu kemudian membayarnya. Mayoritas ulama
membolehkannya, bahkan bisa jadi lebih menyenangkan bagi pembeli daripada jual
beli dengan tawar menawar.
kesimpulannya
Hukum
jual beli diindonesia secara islam belum diterapkan secara menyeluruh, karena belum adanya
dukungan yang penuh dari segenap lapisan masyarakat secara demokratis baik
melalui pemilu atau referendum maupun amandemen terhadap UUD 1945 secara tegas dan konsisten.jadi masih banyaknya hukum jual beli yang merugikan orang lain,karena
penerapan hukum yang begitu dapat dengan mudah diuangkan.
bahkan menurut saya saat ini penerapannya bukan hukum jual beli di indonesia tapi penerapan jual beli hukum diindonesia.
bahkan menurut saya saat ini penerapannya bukan hukum jual beli di indonesia tapi penerapan jual beli hukum diindonesia.
mantap artikelnya..
BalasHapuswww.kiostiket.com